Perkembangan teknologi dan industri esports di dunia telah memberikan dampak besar, tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai ajang kompetisi yang mendidik dan membentuk keterampilan penting seperti strategi, kerjasama tim, dan kepemimpinan.
Di sisi lain, meskipun populer, masih banyak yang memandang esports hanya sebagai permainan tanpa menyadari potensi positifnya bagi perkembangan generasi muda.
Melihat hal ini, SMAN 2 Mojokerto mengadakan kompetisi Mobile Legend yang dikemas dalam Inscada Esport Turnamen (IESTOUR) hadir untuk memberikan wadah bagi siswa untuk berkompetisi dalam dunia esports secara sehat dan produktif. Kegiatan ini digagas oleh Ekstrakurikuler Club TIK SMAN 2 Mojokerto bekerjasama dengan MOSIS SMAN 2 Mojokerto.
IESTOUR diadakan pada tanggal 22 Februari 2025 sekaligus sebagai penutup Isdicent (baca : artikel Sukses Menggelar IOC dan IEFEST 2025 ,SMAN 2 Mojokerto perhatian siswa siswi SMP dan MTs Se-Mojokerto Raya)
Turnamen ini bertujuan untuk mengedukasi siswa tentang sisi positif esports, sekaligus mengasah keterampilan penting yang relevan dengan era digital, seperti kolaborasi, komunikasi, dan manajemen emosi. Selain itu, kegiatan ini juga akan mempererat hubungan antar siswa, meningkatkan semangat sportifitas, dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka di luar bidang akademik. Dengan dilaksanakannya IESTOUR, sekolah berharap dapat memperkenalkan dunia esports secara lebih positif dan membuka peluang bagi siswa untuk berprestasi di berbagai bidang.
Pada kegiatan IESTOUR diikuti oleh seluruh Tim Mobile Legends dengan peserta dari SMP dan MTs Se-Mojokerto Raya. Kegiatan berlangsung sangat seru dan sengit karena setiap Tim berusaha untuk mendapatkan tropi juara. Pada kegiatan IESTOUR juga telah diawasi oleh E-Sport Indonesia perwakilan dari Kota Mojokerto.
Kegiatan IESTOUR telah mendapatkan pemenang diantara nya adalah :
SMAN 2 Mojokerto yakin dan percaya bahwa melalui kegiatan turnamen e-Sport ini dapat memperluas semangat dan minat siswa siswi serta mendapat manfaat dari pengembangan keterampilan dan sosial-emosional yang terkait game online yang sedang diminati di Indonesia.
Tinggalkan Komentar