Instagram SMAN 2 Mojokerto : @sman2mojokerto, Youtube SMAN 2 Mojokerto : Official SMAN 2 Kota Mojokerto, Email SMAN 2 Mojokerto : info@sman2mojokerto.sch.id

 

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH TAHUN AJARAN 2021-2022 [MASIH] DI MASA PANDEMI

Posted By : Admin

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang lebih dikenal oleh siswa siswi SMAN 2 Mojokerto dengan sebutan MPLS dilaksanakan masih dalam kondisi Online/Daring. Hal ini dilakukan karena pada bulan Juni 2021 tren kasus penyebaran covid 19 varian delta sangat tinggi khusus nya di kota Mojokerto yang pada saat itu berstatus zona merah.

Menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama Empat Menteri (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri dalam Negeri) terkait panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa Pandemi COVID-19, pembelajaran pada masa kebiasaan baru dapat dilakukan dengan pembelajaran tatap muka terbatas (Luring) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan/atau pembelajaran jarak jauh (daring). Kegiatan pembelajaran awal bagi peserta didik baru perlu adanya penyesuaian terkait Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan skenario menyesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing khususnya di Provinsi Jawa Timur, dengan adanya Keputusan Gubernur Jawa Timur nomor : 188/379/KPTS/013/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Jawa Timur pembalajaran untuk peserta didik baru sepenuhnya dilaksanakan secara Daring.

SMAN 2 Mojokerto juga melaksanakan kegiatan MPLS dengan metode Daring. Pelaksanakan kegiatan MPLS dilaksanakan secara Daring selama 3 hari, yaitu pada tanggal 12 - 14 Juli 2021. Kegiatan MPLS dilaksanakan dengan menggunakan platform group Whatsapp serta Google Meet sebagai penghubung pemberian materi dan pengenalan sekolah secara online kepada peserta didik baru tahun ajaran 2021 - 2022.

Pada hari pertama, peserta didik baru diajak lebih mengenal dengan lingkungan sekolah, tata tertib sekolah serta kegiatan-kegiagatn Kesiswaan seperti ekskul, kegiatan OSIS dan lain lain. Pada hari kedua, peserta didik baru diperkenalkan secara online kepada bapak/ibu dewan guru yang nanti nya mengajar siswa siswi tersebut saat dikelas X. Tidak hanya itu, peserta didik baru juga dibekali materi tentang cara belajar efektif dan membiasakan belajar secara jujur, disiplin selama pembelajaran secara Online.

Pada hari ketiga, peserta didik mendapatkan materi dari salah satu narasumber dari luar sekolah yaitu BNN Kota Mojokerto dengan materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja. Setelah itu, pada materi selanjutnya siswa mendapat pemahaman tentang program-program sekolah, sarana prasarana sekolah yang disampaikan oleh Bapak Waka Humas serta Waka Sarana Prasarana.

Kegiatan MPLS walaupun dengan kondisi Online, namun peserta didik sangat antusias mengikuti nya. Terbukti saat absensi sebelum kegiatan dimulai, 98% siswa mengikuti dan 2% tidak mengikuti karena kondisi sakit.

Pada akhir kegiatan MPLS, acara yang dinanti oleh seluruh peserta didik baru yaitu pengukuhan menjadi siswa kelas X SMAN 2 Mojokerto dengan simbolis pemakaian topi SMA pada rumah masing-masing, namun di sekolah terdapat 2 siswa pilihan menerima pengukuhan secara simbolis dan dilakukan secara protokol kesehatan secara ketat.